BERAT BADAN BAYI BARU LAHIR PADA IBU DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA RSD GUNUNG JATI KOTA CIREBON

Authors

  • Admin JKM
  • Dea Nurtika Fajri, Ani Nurhaeni, Sumarni

Abstract

WEIGHT OF NEWBORNS IN MOTHERS WITH HYPERTENSION IN GUNUNG JATI HOSPITAL CIREBON CITY

 

 

Dea Nurtika Fajri 1 , Ani Nurhaeni 2 , Sumarni 3

  1. Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan, Stikes Mahardika

2.3  Dosen Program Studi DIII Kebidanan, Stikes Mahardika

Email:[email protected]

 

 

ABSTRAK

 

Hipertensi dalam kehamilan merupakan satu dari tiga penyebab tertinggi mortalitas dan mobilitas ibu bersalin. Tekanan darah ibu hamil yang tinggi (hipertensi) dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan janin intrauterin yang tentunya akan berdampak terhadap berat badan lahir. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran Berat Badan Bayi Baru Lahir pada ibu dengan Hipertensi di Wilayah KerjaRSD  Gunung Jati Kota Cirebon Tahun 2019.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ibu dengan hipertensi di RSD Gunung Jati yaitu sebanyak 71 orang dengan sampel sebanyak 71 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar ceklis.

Hasil penelitian menunjukan klasifikasi hipertensi pada ibu bersalin disebabkan karena hipertensi gestasional yaitu 28 (39,4%) dan berat badan bayi baru lahir pada ibu dengan hipertensi dengan berat 2.500-4.000 gram sebanyak 50 (65,0%).

Untuk itu selama kehamilan ibu hamil diharapkan dapat mengetahui tentang gejala hipertensi yang terjadi saat kehamilan, sehingga dapat dicegah sedini mungkin dengan cara beristirahat, melakukan pemeriksaan setiap bulan secara rutin serta melakukan pola hidup sehat.

 

Kata Kunci                           : Hipertensi, Post Partum, Berat Badan Bayi Lahir

Daftar Pustaka                    : 30 (2009-2019)

Published

2020-02-27