HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN ADAPTASI STRESS PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RSUD WALED KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Admin JKM
  • Ica Wahyuni, Nonok Karlina, Citra Setyo Dwi Andhini

Abstract

Correlation Of Self Efficacy With Stress Adaptation On Chronic Kidney Failure Patients Hemodialysis In General Waled Hospital Cirebon

 

 

Ica Wahyuni1,Nonok Karlina2,Citra Setyo Dwi Andhini3

1, Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKes Mahardika Cirebon

2,3 Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKes Mahardika Cirebon

E-mail : [email protected]

 

 

ABSTRAK

 

Pasien gagal ginjal kronik setiap tahun mengalami peningkatan sebanyak 3,8 persen. Untuk mengatasi kegagalan ginjal tersebut diperlukan terapi hemodialisa. Namun pasien yang menjalani hemodialisa akan mengalami permasalahan seperti ketidaknyamanan, meningkatkan stress dan mempengaruhi kualitas hidup. Untuk mengurangi masalah tersebut dibutuhkan intervensi pemberian self efficacy kepada pasien, berdasarkan hal tersebut juga akan mempengaruhi adaptasi stress pasien yang menjalani hemodialisa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan adaptasi stress pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Waled Kabupaten Cirebon Tahun 2019.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 99 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner.

Analisis data menggunakan uji spearman rank. Tempat penelitian di RSUD Waled Kabupaten Cirebon selama bulan Juni 2019.

Hasil penelitian menunjukan bahwa self efficacy sebagian besar responden pada kategori rendah (90.9%) dan adaptasi stress sebagian besar pada kategori sangat berat (54.5%). Hasil uji rank spearman P Value < ? dan r < 1 maka H0 = ditolak artinya terdapat hubungan yang sedang dan positif antara self efficacy dengan adaptasi stress pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Waled Kabupaten Cirebon ( P Value = 0.000 ; ?.= 0.05 ; r = 0.546 ).Simpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara self efficacy dengan adaptasi stress pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Waled Kabupaten Cirebon.

 

Kata Kunci : Self Efficacy, Adaptasi Stress, GGK, Hemodialisa

Daftar Pustaka : 31 (1995-2018)

Published

2020-02-27