TINJAUAN ASPEK ERGONOMI DI RUANG PENYIMPANAN SUB.BAGIAN REKAM MEDIS DI RSUD WALEDKAB. CIREBON

Authors

  • Admin JKM
  • Widya Nurbaeti, Jaenudin, Iin Indra Nuraeni

Abstract

OVERVIEW OF ERGONOMIC ASPECTS IN THE STORAGE ROOM SUB SECTION  MEDICAL RECORD AT PUBLIC HOSPITAL WALED AREA  CIREBON DISTRIC

 

 

Widya Nurbaeti1, Jaenudin2. Iin Indra Nuraeni3

1, Mahasiswa Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Mahardika Cirebon

2, Kesehatan MasyarakatSTIKes Mahardika Cirebon

3, Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Mahardika Cirebon

Email: [email protected]/[email protected]

 

 

ABSTRAK

 

Berdasarkan Studi pendahuluan yang dilakukan di RSUD Waled pada bagian ruangan penyimpanan rekam medis ditemukan permasalah tentang ergonomi, rak tinggi menyebabkan berkas rekam medis sulit dijangkau dan alat bantu pijak yang digunakan berupa bekas laci meja yang bermaterial kayu dimana berisiko jatuh terhadap petugas pada saat bekerja, serta tidak tersedianya indikator suhu ruang untuk mengukur suhu dan kelembapan yang ideal juga pencahayaan yang kurang dan ruangan yang pengap. Tujuan penelitian ini adalah meninjau aspek ergonomi di ruangan penyimpanan rekam medis.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.Metode yang digunakan adalah observasi.Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan pengukuran di ruangan penyimpanan rekam medis.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pengukuran.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah ruangan tempat penyimpanan dokumen dan petugas rekam medis.Analisa data menggunakan analisa univariate.Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2019 di Rumah Sakit Umum Daerah Waled.

 

Dari hasil penelitian tentang aspek ergonomi yang diamati di mana menurut the international ergonomics association IEA, 2000 mengkategorikan 4 ergonomi. Tidak memenuhi standar ergonomi yaitu Ergonomi Fisik dengan nilai persentase 80% dan Ergonomi Lingkungan juga dengan nilai persentase 80 %, dan Memenuhi standar ergonomi yaitu Ergonomi Kognitif dan Ergonomi Organisasi dengan nilai persentase masing-masing 100 %. disarankan kepada rumah sakit khususnya pada bagian ruang filing mengganti alat bantu pijak dengan menggunakan tangga bermaterial besi agar menghilangkan atau menurunkan risiko jatuh bagi petugas, memasang alat indikator suhu pada ruangan, memasang kain penutup atau gorden pada jendela kaca serta memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak.

 

Kata kunci: Aspek Ergonomi, Ruang Penyimpanan, Rekam Medis

Daftar Pustaka: 17 (1994-2016)

Published

2020-02-27